7 Karakteristik “Otak Kanan” lebih dominan
Apakah anda lebih menyukai menggambar untuk menuliskan sesuatu ?, Jika demikian kemungkinan besar otak kanan anda lebih dominan

Ciri-ciri orang yang dominan otak kanan adalah mereka bisa memikirkan seseorang secara visual, cenderung spontan, dan sering dipandang sebagai pribadi yang emosional. Mereka yang dominan otak kanan memperhatikan secara menyeluruh dibanding dengan memperhatikan sesuatu secara detail. Kemungkinan besar orang yang benar-benar dominan otak kanan dapat disebut dengan “kreatif”.
Gaya belajar mereka berbeda dengan orang yang dominan otak kiri, yang secara tradisional cenderung melakukannya dengan sangat baik di bidang akademik. Seseorang yang dominan otak kanan, menemukan kesulitan untuk menyelesaikan suatu rutinitas.

Namun, dengan mengelompokkan mereka dalam grup yang ideal. Akan sangat membantu mereka dalam memupuk sifat kreatif yang datang dari orang-orang yang dominan otak kanan.
Berikut karakteristik otak kanan :1.  Memilih menggambar untuk menuliskan sesuatu

Jika anda dominan dengan otak kanan, kemungkinan besar anda akan lebih suka membuat gambar dalam      menceritakan sesuatu dibanding menulis kata demi kata. Orang yang dominan otak kanan sering menemukan diri mereka menciptakan suatu visual untuk metode pembelajaran mereka yang sedang berlangsung.

2. Lebih menyukai pertanyaan terbuka dibanding pilihan ganda
Ketika orang yang dominan otak kanan berkembang dalam suatu kelompok, mereka lebih menyukai pertanyaan yang diajukan secara terbuka, karena bagi mereka jawaban mereka lebih alami daripada menjawab pertanyaan dalam format pilihan ganda. Mereka lebih menyukai kemungkinan diskusi dan kebebasan ketika menemukan solusi yang lebih baik dibanding menemukan solusi atau jawaban melalui metode “hitam dan putih” (pilihan).

3. Cenderung tidak terorganisir
Seseorang yang dominan otak kanan memiliki kesulitan tinggal pada suatu tugas tertentu dan tetap pada peraturan tertentu. Contoh hal sederhana seperti menjaga meja kerja selalu rapid an bersih atau menyelesaikan tugas-tugas akademik tertentu

4. Sulit fokus dalam jangka waktu yang lama
Mereka yang memiliki dominan otak kanan membutuhkan stimulasi konstan. Ingat, mereka yang dominan otak kanan adalah “makhluk visual”. Jika anda menempatkan orang-orang yang dominan otak kanan di sebuah sekolah akademik, mereka akan memiliki waktu yang sulit untuk tetap fokus, karena yang mereka butuhkan adalah stimulasi secara terus – menerus.

5. Memiliki keterampilan yang kurang dalam menghafal
Ketika menghafal, orang yang dominan otak kanan membutuhkan cara yang unik untuk memanggil informasi yang sudah mereka cerna. Untuk mengingat rincian secara spesifik mereka menggunakan pengulangan makna, warna, representasi visual dan emosi.

6. Seorang “thinker holistic”
Orang yang dominan otak kanan mengacu pada gambaran yang lebih besar, dengan kata lain mereka sepenuhnya berpikir secara menyeluruh. Memiliki kemampuan untuk mengenali keterkaitan dari hal-hal kecil yang membentuk gambaran besar.

7. Spontan dan Intuitif
Orang yang dominan otak kanan menyukai petualangan dan berkembang dari energi dan spontanitas. Mereka secara emosional intuitif dan cenderung emosional secara alami.
Jika anda memiliki kecenderungan otak kanan, anda perlu mengetahui bahwa beberapa karakteristik diatas dapat digunakan sesuai dengan apa yang seharusnya anda butuhkan, anda dapat memilih karir yang sesuai untuk memelihara kreatifitas dalam diri anda. Jangan takut untuk memperkuat kelemahan anda ( otak kiri ), anda dapat mengerjakan kegiatan yang menstimulasi otak kiri anda.
Pastikan bahwa, label “otak kiri” atau “otak kanan” bukan merupakan suatu hal yang benar-benar penting, Dengan mengetahui hal tersebut anda dapat mengamati karakteristik yang dimiliki. Anda tidak perlu mengesampingkan diri anda sendiri dengan hanya mengidentifikasi satu dengan yang lain, karena pada kenyataanya kedua belahan otak tersebut berfungsi untuk diri anda.
Menentukan apakah anda “otak kiri” atau “otak kanan” membantu anda untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan anda, dengan hal tersebut dapat membantu memperluas pribadi anda kelak menjadi yang lebih baik.

 

oleh makeallhappen | Bisnis, Human Resource Theme, Marketing Theme, Motivasi,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *